Senin, 17 Mei 2010

Tugas Bhs. Indonesia (softskill) Ulasan

Ulasan mengenai “ Analisis Perbandingan Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Pada Minimarket Indomaret Dengan Alfamart Di Kompleks Pesona Anggrek Bekasi”.
Karya ilmiah tersebut sudah cukup baik dan menarik bagi para pembaca, hanya saja dalam penulisannya masih belum sesuai dengan penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Menurut saya masih terdapat kesalahan pada penulisan masing-masing sub bab diantaranya :
1). Abstrak
Pada penulisan abstrak seharusnya sebelum menulis tujuan harus terdapat latar belakang agar para pembaca dapat lebih mengerti . Kata kunci yang kurang, dalam penulisan abstrak paling sedikit harus terdapat 5 kata kunci. Pada kalimat kualitas pelayanan keseluruhan ada perbedaan yang signifikan, kata ada seharusnya diganti dengan kata terdapat.
2). Pendahuluan
Pendahuluan yang dibuat kurang ringkas, masih terlalu panjang. Umumnya pendahuluan dibuat dengan ringkas dan padat, dukungan teori tidak perlu dimasukkan. Pada kalimat “kinerja terpenting oleh perusahaan bagi kepuasan konsumen / pelanggan”, kata oleh seharusnya tidak perlu dipakai karena menyebabkan kalimat menjadi rancu. Pada kalimat “ Dan hakikatnya kepuasan konsumen…..” , kata dan tidak perlu dipakai setelah tanda titik karena dan merupakan kata penghubung atau ketika kita ingin menggunakan kata dan sebelumnya tidak perlu digunakan titik. Pada kalimat “…fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan oleh harapan..” , kata oleh seharusnya diganti dengan kata dengan. Dalam kalimat “ sehingga berakibat dengan dihasilkannya nilai tambah bagi perusahaan”, seharusnya kata berakibat dengan dihasilkannya diganti denagan kata menghasilkan agar lebih efisien dalam penggunaan kalimat. Pada paragraph terakhi terdapat pertanyaan yang seharusnya dibuat pemisah agar lebih dipahami.
3). Kerangka Pemikiran
Kesalahan yang terdapat dalm kerangka pemikiran diantaranya :
-Kurangnya tanda titik setelah kata lain sebagainya
-Penulisan “h” dalam kata hal harusnya ditulis dengan huruf besar
-Hal yang dipertimbangkan sehausnya dibuat perpoint agar lebih jelas
-Pada point yang kedua krangnya tanda koma setelah kata promosi
-Pada point yang ketiga & keempat kurangnya kata kunci, seharusnya ditulis dengan kata kunci harga & kenyamanan
-Pada point kelima seharusnya kata “dikunjngi” disambung bukan dipisah
4). Telaah Pustaka
Terdapat kesalah dalam penulisan kutipn seperti seperti “(kotler 2000:36)” seharusnya “(kotler,2000:36)” dan pada kalimat “menurut oliver, kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang……….harapannya.( J.Suprapto,2001:233 )” seharusnya “menurut oliver (J.Suprapto,2001:233) kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang membandingkan ………….harapannya”. Selain itu, pada penulisan “menurut Richard Oliver (Husein Umar,2003:14) kepuasan pelanggan adalah” respon pemenuhan dari konsumen, masih salah karena masih kurang tanda petik (“) diakhir kalimat.
5). Metode Penelitian
Penulisan kata ‘kuesioner’ salah seharusnya Quisioner. Pada metode analisis data seharusnya dijelaskan terlebih dahuli pengertian masing-masing sub-bab agar pembaca dapat lebih memahami. Kata “adalah seharusnya tidak perlu ditulis pada kalimat “‘Alasan peneliti menggunakan T-Test dalam menganalisa data adalah karena T-Test pada prinsipnya adalah suatu teknik statistik……”. Tidak perlu ada tanda koma dalam penulisan kalimat “Alasan peneliti menggunakan T-Test dalam menganalisa data adalah karena T-Test pada prinsipnya adalah suatu teknik statistik untuk menguji hipotesis, tentang ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara dua kelompok sampel dengan jalan perbedaan mean-meannya”. Penulisan “SPSS for Windows 15.0:” seharsnya ditulis menjadi software SPSS for windows 15.0”.
6). Hasil Penelitian dan Pembahasan
Paragraf pertama : Penulisan tanda titik setelah kata “kepuasan konsumen” kurang tepat, seharusnya ditulis setelah kata “Alfamart”.Paragraph kedua : kata “dan” setelah tanda titik seharusnya tidak perlu ditulis karena dan merupakan konjugasi. Kurangnya spasi setelah kata kehandalan.Paragraph ketiga : kata “dan” setelah tanda titik seharusnya tidak perlu ditulis karena dan merupakan konjugasi, huruf “o” pada kata “oleh” seharusnya ditulis dengan huruf kecil. Paragraph keempat : kuranganya spasi setelah kata “assurance”. Paragraph kelima : kata “dan” setelah tanda titik seharusnya tidak perlu ditulis karena dan merupakan konjugasi, huruf “o” pada kata “oleh” seharusnya ditulis dengan huruf kecil. Paragraph keenam : kurangnya tanda koma setelah kata indomaret & huruf “o” pada kata oleh ditulis dengan huruf kecil. Paragraf ketujuh : kata “dan” setelah tanda titik seharusnya tidak perlu ditulis karena dan merupakan konjugasi, kurangnya spasi setelah kata kehandalan. Paragraph kedelapan : kata “dan” setelah tanda titik seharusnya tidak perlu ditulis karena dan merupakan konjugasi, huruf “o” pada kata “oleh” seharusnya ditulis dengan huruf kecil. Kesalahan penulisan pada paragraph yang lainnya hamper sama dengan paragraph sebelumnya yaitu : penulisan kata “dan”, huruf “o” pada kata “oleh” dan penempatan spasi yang kurang tepat.
7). Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan : Tanda koma yang ditulis dari poin-poin factor yang membedakan       kepuasan konsumen minimarket Indomaret engan Alfamart seharsnya dihilangkan.
Saran : kata “agar” pada kalimat “karena itu Alfamart agar menekan harga …..” tidak perlu ditulis karena membat kalimat menjadi rancu.
8). Daftar Pustaka
Terdapat banyak kesalahan pada penulisan daftar pustaka, seharusnya penulisan nama pada daftar pustaka ditulis nama belakang terlebih dahulu kemudian nama depan,seharusnya pada judul buku ditulis tebal, miring, atau diberi garis bawah. Salah satu contohnya yaitu , “Kotler, Philip. 2005 . Manajemen Jasa. PT. Indeks. Jakarta” seharusnya “ Philip, Kotler. Manajemen Jasa. PT. Indeks, Jakarta. 2005.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar